SMA Luqman Al-Hakim di Surabaya
Kunjungan saya ke SMA Luqman Al-Hakim di Surabaya ini saya lakukan pada tanggal 12 Desember 2022. Sekolah SMA Luqman Al-Hakim di Surabaya terletak di Jalan Kejawan Putih Tambak VI No.1, Kejawaan Putih Tamba, Kec. Mulyorejo, Kota Surabaya dan lebih tepatnya dekat dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Pertama kali ke SMA Luqman Al-Hakim di Surabaya ini saya merasa senang karena sekolah ini menjadi suatu kawasan dengan Pendidikan Integral Luqman Al-Hakim yang lain. Kawasan ini juga masih asri dan banyak sekali pohon dan tanaman yang ditanam di sekeliling kawasan ini. Saya sudah membuat janji bertemu dengan guru BK SMA Luqman Al-Hakim pada pukul 9 Pagi tetapi saya datang ke sana pukul 8. Waktu pertama kali datang ke sana, saya sedang melihat anak-anak SMA kelas 12 yang sedang berolahraga di lapangan seperti gambar di bawah ini :
Di lapangan ini biasanya digunakan para siswa untuk berolah raga, upacara, dan lain sebagainya. Lapangan ini cukup besar sehingga lapangan ini dapat digunakan oleh dua kelas sekaligus saat berolah raga. Contohnya seperti gambar di atas, siswa pada gambar di atas merupakan siswa SMA kelas 12 dan mereka berolah raga pada satu tempat dengan siswa SMP kelas 8. Sembari menunggu pukul 9, saya duduk dekat dengan siswa SMA kelas 9 yang sedang duduk tersebut dan bertanya dengan mereka tentang keadaan mereka, permasalahan-permasalahan yang terjadi dengan mereka, kegiatan mereka sehari-hari di sekolah, dan kegiatan mereka dalam melanjutkan pendidikannya. Mereka menjawab bahwa mereka di sana baik-baik saja bahkan senang karena di sana mereka memiliki banyak teman, mereka juga mengatakan bahwa permasalahan yang sering terjadi pada akhir-akhir ini yaitu rindu rumah dan ada salah satu dari mereka mengatakan bahwa ia susah dalam beradaptasi dengan lingkungan sekolahnya karena ia pertama kali masuk ke SMA ini yaitu di kelas 10 SMA sehingga ia murid baru di sana tetapi ia mengatakan bahwa seiring waktu, ia sudah memiliki teman. Mereka bercerita bahwa jam masuk sekolah dimulai pada pukul 7 pagi sampai pukul 3 Sore kemudian dilanjutkan dengan kegiatan boarding di sana. Saya pun pamit untuk keliling melihat-lihat sekitar.
Saya keliling sembari menunggu pukul 9, saya melihat sebuah koperasi sekaligus kantin di sana. Koperasi ini terletak di samping kanan dari gedung SMA Luqman Al-Hakim atau lebih tepat tinggal jalan lurus dari pintu masuk depan. Selesai saya melihat-lihat di koperasi, saya coba keliling lagi.
Ketika saya keliling melihat sekitar ternyata di sana, saya menemukan tempat yang nyaman untuk beristirahat bagi santri maupun tamu seperti saya. Tempat ini biasanya disebut dengan pendopo, pendopo di sana sangat nyaman untuk digunakan beristirahat. Jumlah pendopo di sana, ada 5 bangunan pendopo yang cukup luas dan bagi saya pendopo ini sangat nyaman bagi siswa yang sedang capek habis berolah raga dan siswa yang duduk santai sambil membaca dan menghafal materi ujiannya.
Pendopo ini juga sangat nyaman bagi tamu karena pendopo ini di keliling oleh tanaman dan pepohonan lain yang menambah suasana yang dingin dan teduh saat siang hari. Saya pun duduk di pondok tersebut sembari menunggu pukul 9 untuk menemui guru BK di SMA.
Waktu pun menunjukkan pukul 9, akhirnya saya masuk ke gedung SMA Luqman Al-Hakim untuk menemui guru BK yang ada di sana. Guru BK di SMA Luqman Al-Hakim mengatakan bahwa Pesantren Hidayatullah Surabaya yang artinya SMA Luqman Al-Hakim ini
berada di dalam satu lingkungan atau komplek dengan Pesantren Hidayatullah
sehingga SMA Luqman Al-Hakim dalam sistem pendidikannya menawarkan 2 hal yaitu
sistem sekolah boarding dan sistem sekolah full day. Sistem sekolah boarding
adalah sistem sekolah yang diperuntukkan bagi orang tua yang menginginkan
anaknya bersekolah dengan fasilitas menetap atau asrama sedangkan sistem
sekolah full day adalah sistem sekolah yang diperuntukkan bagi orang tua
yang menginginkan anaknya bersekolah tanpa adanya fasilitas menginap atau
asrama karena beberapa orang tua yang beranggapan bahwa jarak antara sekolah
dengan rumahnya dekat sehingga orang tua lebih memilihkan anaknya untuk
bersekolah dengan sistem full day. Sistem sekolah boarding dengan
sistem sekolah full day ini tidak ada perbedaan secara besar tetapi
perbedaan mendasarnya hanya menginap di asrama atau tidaknya. Sistem sekolah
boarding di SMA Luqman Al-Hakim ini sementara masih menerima siswa laki-laki
saja karena adanya hambatan yang muncul seperti lahan yang kurang memadai. Kunjungan
saya ke SMA Luqman Al-Hakim ini saya kagum karena saya melihat kejadian atau
cara kerja yang dilakukan oleh tenaga pendidikan yang ada di SMA Luqman
Al-Hakim yang kejadian tersebut yaitu saya melihat ada sepasang suami istri
yang sedang berkonsultasi tentang anaknya yang merasa kesulitan dalam
meninggalkan sebuah kebiasanya berupa main handphone (HP) dan media sosialnya
sehingga kegitan sekolah anaknya terganggu kemudian tenaga pendidik memberikan
pilihan ke orang tua siswa berupa menyekolahkan anaknya dengan sistem sekolah boarding
atau melatih anak tersebut agar meninggalkan kebiasaan buruknya sedangkan kedua
orang tua siswa tersebut mengatakan bahwa keinginan mereka memang seperti itu
tetapi anaknya menolak yang akhirnya tenaga pendidik menyarankan kedua orang
tua siswa tersebut agar melatih anaknya agar meninggalkan kebiasaan buruknya
secara bertahap seperti pemberian pembatasan dalam bermain hp contohnya
mengatur jadwal untuk memperbolehkan anaknya bermain hp setelah mengerjakan
tugas atau anaknya diperbolehkan main handphone (HP) hanya saat liburan (wekeend)
saja. Kejadian atau konsultasi seperti penjelasan di atas dilakukan tenaga
pendidik seperti guru BK. Mata pelajaran yang ada di SMA Luqman Al-Hakim ini
dapat dikatakan seimbang yang berupa mata
pelajaran Islam dan mata pelajaran umum seperti gambar di bawah ini :
Pelaksanaan mata pelajaran seperti
gambar di atas di SMA Luqman Al-Hakim ini dalam hal sistem sekolah boarding
dengan sistem sekolah full day ini tidak memiliki perbedaan tetapi ada
sedikit perbedaan dalam hal pembagian kelas yaitu di kelas sistem sekolah boarding
masih memiliki kekurang kuota siswa dalam suatu mata pelajaran maka kuota
tersebut akan dipenuhi oleh siswa yang mengambil sistem sekolah full day
dan sisa siswa dengan sistem sekolah full day yang tidak mendapatkan
kuota tersebut akan dibentuk kelas baru lagi.
Jadwal kegiatan harian siswa dengan sistem boarding dan sistem full
day yaitu sebagai berikut:
Jadwal kegiatan di
atas merupakan program harian SMA Luqman Al-Hakim yang dapat menumbuhkan dan
mengembangkan jiwa siswa dalam menopang langkahnya. Kegiatan di luar kelas juga
merupakan suatu kegiatan yang mampu menumbuhkan dan mengembangkan jiwa siswa
dalam menopang langkahnya seperti olah raga pagi bersama yang artinya
pelaksanaan olah raga yang dijadikan satu antara kelas 10 dengan kelas 12
sesuai dengan jadwal yang telah dibuat.
Gambar di atas menunjukkan bahwa secara nyata
pelaksanaan olah raga seperti gambar di atas mampu melatih kemampuan siswa
dalam memahami, menghargai, dan siswa mampu merefleksikan dirinya dalam
menempatkan dirinya seperti orang lain atau temannya dalam proses interaksi
sosial siswa dengan lingkungannya. SMA Luqman Al-Hakim ini memiliki visi atau
tujuan dan konsep yang berupa pendidikan yang bernilai Hidayatullah yang
artinya petunjuk Allah Subhanahu Wa Ta’Ala. Petunjuk dalam hal ini memiliki
arti yaitu mengarahkan siswanya agar mampu membangun peradaban Islam. Visi atau
tujuan dan konsep tersebut dapat tercapai melalui program-program yang mampu
menumbuhkan dan mengembangkan jiwa siswa dalam menopang langkahnya yaitu adanya
program mingguan, program tahunan, dan program semesternya. Program mingguan
dari SMA Luqman Al-Hakim yaitu guru BK mengadakan kunjungan ke asrama dan
setiap kelas untuk memberikan materi atau guru BK mendengarkan curhatan para
santri sedangkan program tahunan dan program semesternya yaitu guru BK membuat
sebuah forum bimbingan dan konseling dalam hal menampung dan mengarahkan karir
serta jurusan yang akan dipilih oleh siswa-siswanya. Penjelasan di atas sudah
disebutkan bahwa pembelajaran yang diberikan oleh SMA Luqman Al-Hakim dalam
menumbuhkan dan mengembangkan jiwa siswa sebagai penopang langkahnya ini
terletak pada program-programnya dan visi atau tujuan dan konsep Hidayatullah
yang dimiliki SMA Luqman Al-Hakim ini memiliki arti untuk mengarahkan siswanya
agar mampu membangun peradaban Islam yang lebih berkembang lagi.
2 kunjungan yang saya lakukan ini dapat diketahui bahwa manusia memang membutuhkan jiwa yang positif dan kuat dalam menjalani kehidupan sehari-hari karena realitas kehidupan manusia merupakan bentuk penggambaran dari jiwa manusia. Jiwa yang positif dan kuat ini bisa kita dapatkan dari pendidikan dan pola pembelajaran yang diberikan oleh 2 tempat ini yaitu Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah Surabaya dan SMA Luqman Al-Hakim Surabaya ini merupakan salah tempat pendidikan yang cocok bagi anak-anak kita sebagai penerus bangsa agar penerus bangsa kita memiliki jiwa yang positif dan kuat dalam melangkahkan langkahnya sebagai penjaga, pengontrol, dan penerus dari cita-cita bangsa kita.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar